Kurikulum

DASAR PENYUSUNAN
Kurikulum Program Studi PG-PAUD FKIP UMS UMS disusun dengan format dan materi berdasarkan:

  1. SK Mendiknas No.232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  2. SK Mendiknas No.045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.
  3. SK Dirjen Dikti No. 43/DIKTI/Kep/2006 Tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi.
  4. SK Dirjen Dikti No. 44/DIKTI/Kep/2006 Tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat Di Perguruan Tinggi.
  5. Putusan Pimpinan Muhammadiyah tentang Qoidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
  6. Kesepakatan Tentang Muatan kurikulum bagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se-Jawa.
  7. Kurikulum Program Studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2010.

STRUKTUR KURIKULUM
Kurikulum 2010 Program Studi PG-PAUD FKIP UMS mempunyai beban studi sebesar 146 SKS yang dijadwalkan dalam 8 semester. Beban studi terdiri dari mata kuliah wajib 142 SKS dan mata kuliah pilihan 10 SKS (2 mata kuliah). Menurut SK Mendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi, program sarjana terdiri dari 5 kelompok sebagai berikut:

1. MPK (Mata kuliah Pengembangan Kepribadian)
Mata kuliah yang relevan dengan tujuan pengayaan wawasan, pendalaman intensitas pemahaman dan penghayatan (9 SKS/6.16%).

2. MKK (Mata kuliah Keilmuan dan Ketrampilan)
Mata kuliah yang relevan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keilmuan atas dasar keunggulan kompetensi serta komparatif penyelenggara program studi yang bersangkutan (60 SKS/41.09%).

3. MKB (Mata kuliah Keahlian Berkarya)
Mata kuliah yang memiliki relevansi dengan tujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keahlian dalam berkarya di masyarakat sesuai dengan keunggulan kompetetif serta komparatif penyelenggara program studi yang bersangkutan (46 SKS/31.50%)

4. MPB (Mata kuliah Perilaku Berkarya)
Mata kuliah yang relevan dengan bertujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperkuat wawasan perilaku berkarya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masyarakat untuk setiap program studi (15 SKS/10.27 %).

5. MBB (Mata kuliah Berkehidupan Bersama)
Mata kuliah yang relevan dengan upaya pemahaman serta penguasaan ketentuan yang berlaku dalam berkehidupan di masyarakat, baik secara nasional maupun global yang membatasi tindak kekaryaan seseorang sesuai dengan kompetensi keahliannya (10 SKS/6.84%).

CIRI KURIKULUM
Secara garis besar Kurikulum Program Studi PG-PAUD FKIP UMS memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Beban studi mahasiswa 146 SKS yang dijadwalkan dalam 8 semester
  2. Beban mata kuliah pilihan 10 SKS, mahasiswa memilih 2 mata kuliah di semester genap.
  3. Selain terdapat mata kuliah yang lebih menekankan pada aspek-aspek teoretis, juga terdapat mata kuliah yang leboh menekankan pada aspek praktis
  4. Terdapat prerequisite untuk semua mata kuliah (kecuali untuk mata kuliah pada  semester 1).
  5. Sebaran mata kuliah tersusun berdasarkan titik tekan kurikulum yaitu bidang kependidikan khususnya pendidikan anak usia dini.
  6. Guna memberikan wawasan keislaman yang lebih luas dan mendalam, maka di kurikulum PG-PAUD FKIP UMS, diberikan 3 (tiga) mata kuliah wajib Al Islam (masing-masing 2 sks) dan 1 (satu) mata kuliah Studi Kemuhammadiyahan (2 sks).
  7. Mahasiswa baru dapat menyusun skripsi setelah menyelesaikan 136 SKS dengan IPK minimal 2,00.
porno izle